BqjUHJ4RdlyfGfrxz4CNrTLTJkQdMUdaOtzrTaNW

Kain Batik dan Kain Hias Nusantara



Parawisata - Khasanah budaya Bangsa Indonesia yang kaya telah mendorong lahirnya berbagai macam corak batik dan kain hias dengan ciri kekhususannya masing-masing. Tercatat ada sekitar puluhan jenis batik dan kain hias yang diciptakan masyarakat Indonesia dari berbagai suku sejak zaman nenek moyang dulu.

Dalam perkembangannya, dua kerajinan tangan tersebut berawal dari pekerjaan kaum wanita untuk  mengisi waktu senggang. Selanjutnya, menjadi penanda status social seseorang apakah dari kalangan kerajaan atau bukan. Hingga akhirnya menjadi pakaian rakyat yang digemari, baik wanita maupun pria.

Terkait sejarahnya, batik dan kain hias merupakan kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan sebuah budaya Indonesia. Tidak ada catatan sejarah yang pasti dari mana dua kerajinan ini berasal, tetapi Teknik melukis dan menyulamnya sudah dikenal sejak ribuan tahun silam dan berkembang terus hingga sekarang.




Kini, kehadiran batik dan kain hias di tengah-tengah masyarakat menjadikannya bak primadona yang digemari, khususnya oleh kaum wanita sebagai pelengkap busana dalam menghadiri upacara adat, keagamaan atau pesta pernikahan.

Untuk itu, sudah sepatutnya kita menjaga dan melestarikan dua jenis kainasli Indonesia tersebut dengan sebaik-baiknya. Bukan Cuma saat ini, melankan generasi-generasi setelah kita nanti.

Jenis-jenis Batik Berdasarkan Motif

1.       Batik Kraton
2.       Batik Cuwiri
3.       Batik Pringgondani
4.       Batik Sekar Jagad
5.       Batik Sida Luhur
6.       Batik Sida Asih
7.       Batik Sida Mukti
8.       Batik Kawung
9.       Batik Semen Rama
10.   Batik Tambal
11.   Batik Sudagaran
12.   Batik Petani

Macam-macam Batik di Indonesia

1.       Batik Solo
2.       Batik Yogyakarta
3.       Batik Pekalongan
4.       Batik Madura
5.       Batik Cirebon
6.       Batik Tasik
7.       Batik Garut
8.       Batik Ciamis
9.       Batik Indramayu
10.   Batik Sumedang
11.   Batik Banten
12.   Batik Bali
13.   Batik Aceh
14.   Batik Minangkabau
15.   Batik Jambi
16.   Batik Papua

Macam-Macam Kain Hias d Indonesia

1.       Kain Ulos
2.       Kain Songket
3.       Kain Tenun Buton
4.       Kain Tapis
5.       Kain Tenun Ikat
6.       Kain Tenun Mbojo
7.       Kain Basurek
8.       Kain Sasirangan

Batik adalah kebudayaan khas Bangsa Indonesia yang sudah ada sejak masa Kerajaan Majapahit. Batik secara historis berasal dari zaman nenek moyang yang dikenal sejak Abad XVII yang dilukis pada daun lontar. Pada waktu itu motif atau pola batik masih banyak didominasi dengan bentuk-bentuk binatang dan tanaman. Akan tetapi, dalam riwayat perkembangan, batik ini mengalami perkembangan yang sangat signifikan, yaitu mulai dari corak-corak lukisan binatang dan tanaman, lalu kemudian beralih pada motif abstrak yang menerupai awan, relief candi, wayang beber dan sebagainya.




Sejak pengakuan Batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO, baju batik menjadi pakaian yang sering dipakai, bukan bangga batik merupakan warisan budaya saja, melainkan karena batik memiliki nilai seniyang tinggi. Batik tidak selalu digambarkan pada seutas kain untuk pakaian saja, tetapi batik juga mulai berkembang ke berbagai kerajinan lainnya, seperti sepatu, tas yang menggunakan motif dan corak batik sebagai hiasannya.

Masih banyak warisan budaya Indonesia yang perlu dijaga kelestariannya sebagai jati diri dan identitas bangsa. Semua itu perlu di wariskan ke anak cucu dan generasi setelah kita seperti halnya batik.


Posting Komentar

Saran dan Kritik

Nama

Email *

Pesan *