Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pantai Duta Paiton Probolinggo, Ini Tiket Masuk dan Lokasi Terbaru

Pantai duta Paiton - Probolinggo merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang dikenal memiliki sejumlah destinasi wisata menarik salah satunya adalah gunung Bromo. Tidak hanya gunung Bromo saja, tetapi masih banyak tempat-tempat lain yang layak untuk dikunjungi.
Pantai Duta Paiton Probolinggo
photo: @megasil21
Nah, buat kamu yang sedang berkunjung ke Probolinggo dan bosan dengan pemandangan pegunungan bisa mampir ke salah satu tempat wisata pantai yang berlokasi di kawasan Paiton lebih tepatnya di Desa Randutatah.

Wisata ini bernama pantai duta yang mana menawarkan daya tarik yang cukup menggoda yaitu di tepi pantainya terdapat banyak sekali tanaman berupa pohon mangrove serta pohon cemara yang menjulang tinggi sehingga suasana di pantai tersebut sangat rindang dan sejuk sekali.

Nama pantai duta diambil dari nama sebuah desa Randutatah, dan perlu untuk diketahui, ketika musim liburan atau akhir pekan tempat wisata pantai duta Paiton ini sangat ramai dan dipenuhi pengunjung dari berbagai wilayah khususnya dari Probolinggo dan sekitarnya.
Pantai Duta Paiton Probolinggo
photo: @okin_tr
Pantai duta Paiton ini mulai beroperasi sejak tahun 2014 lalu, kemudian di promosikan oleh pemerintah setempat dan dijadikan sebagai pusat mangrove, kemudian viral di berbagai media sosial di kala itu. Setelah viral pada tahun 2016 wisata pantai duta semakin ramai dan dipadati pengunjung bahkan sampai sekarang ini.

Daya Tarik Wisata Pantai Duta Paiton

Hutan cemara

Daya tarik yang ditonjolkan wisata pantai duta Paiton ialah memiliki banyak pohon cemara yang cukup tinggi, sehingga meskipun pengunjung datang di siang hari tidak perlu khawatir kepanasan karena suasananya sangat teduh dan rindang.

Menariknya adalah di sepanjang jalan menuju ke pantai atau di beberapa titik sekitar pohon cemara terdapat sejumlah tempat istirahat berupa gazebo. Di gazebo ini suasananya sangat sejuk dan rindang sehingga cocok digunakan untuk bersantai, tak heran karena di sekitarnya terdapat pepohonan cemara yang cukup lebat.

Hutan mangrove

Setelah puas duduk atau bersantai di gazebo pengunjung bisa keliling dan berjalan kaki di atas track yang dibuat dari papan kayu sambil menikmati keindahan hutan mangrove, jika beruntung sesekali akan melihat burung bangau yang sedang mencari ikan di sekitaran hutan mangrove tersebut.
Pantai Duta Paiton Probolinggo
photo: @rajuu.mu
Sambil berjalan kaki dan menikmati pemandangan hutan mangrove nanti kamu akan sampai di ujung perjalanan, yang mana akan menemui track menanjak cukup tinggi. Nah, di sini biasanya pengunjung berfoto selfie atau bersantai dan menikmati suara deburan ombak yang mengecup pantai. Selain itu juga dapat melihat gunung Argopuro.

Spot Sunset

Bagi kamu yang suka berburu matahari terbenam (sunset) maka tempat wisata ini sangat cocok untuk dikunjungi. Pada umumnya tempat wisata ini memang dipadati pengunjung ketika menjelang sore hari, ada yang datang untuk berburu spot sunset atau hanya sekedar bersantai.

Ada ikan hiu paus

Di wisata pantai Duta Paiton ini pengunjung akan mudah menemukan ubur-ubur yang berkeliaran di sekitar bibir pantai, biasanya muncul ketika musim transisi setiap tahunnya. Tidak hanya itu, di sekitar pantai kerap kali di datangi ikan paus dengan ukuran yang cukup besar yaitu antara 5 hingga 8 meter panjangnya.
Pantai Duta Paiton Probolinggo
photo: @astonosinggih
Nah, jika kamu ingin melihat sekumpulan ikan paus lebih dekat caranya yaitu dengan menyewa kapal. Jadi kamu akan di ajak keliling sekitar 500 meter jarak dari bibir pantai, maka kamu akan melihat gerombolan ikan hiu paus jenis macan tutul dengan jelas.

Ada ayunan & pantainya bersih

Jika kamu datang ke pantai duta dijamin akan betah untuk berlama-lama, pasalnya tempatnya bersih dan terawat, kamu juga bisa menikmati aktivitas seru seperti bermain ayunan yang telah disediakan oleh pihak pengelola, ayunan ini menjadi salah satu spot favoritnya para pengunjung untuk berfoto-foto ketika senja.

Harga Tiket Masuk Pantai Duta

Untuk dapat memasuki pantai duta Paiton ini pengunjung akan dikenai HTM atau tiket masuk yang sangat terjangkau yaitu hanya 10K per orang. Kemudian ditambah biaya parkir sebesar 5K untuk roda dua dan 10K untuk kendaraan roda empat. Harga tersebut terbilang sangat murah karena pemandangan yang ditawarkan pantai Duta ini sangat indah sekali.

Lokasi Pantai Duta Paiton

Lokasi lengkap wisata pantai Duta yaitu di Dusun Gilin, Randutatah, Kec. Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Jika dari arah timur dari PLTU Paiton memiliki jarak sekitar 15,1 km atau membutuhkan waktu tempuh sekitar 27 menit. Jika dari kota Kraksaan memiliki jarak 10,2 km atau membutuhkan waktu tempuh 19 menit.

Fasilitas

Demi kenyamanan dan kepuasan para pengunjung pihak pengelola telah menyediakan fasilitas utama yang cukup memadai yaitu sudah tersedia toilet yang bersih, area parkir yang luas, musholla, gazebo hingga beberapa penjual makanan.

Akhir kata

Demikian ulasan tempat wisata pantai Duta yang berlokasi di Paiton Probolinggo, Jawa Timur. jika ingin liburan ke pantai tempat ini bisa dijadikan sebagai pilihan rekomendasi karena selain tempatnya bersih dan nyaman pemandangannya pun sangat indah sekali, terimakasih jangan lupa ikuti parawisata.net agar kamu mendapat informasi wisata terbaru.