Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lawang Sewu Semarang, Info Sejarah dan Harga Tiket Masuk & Jam Buka

Lawang Sewu Semarang - Hai para pecinta wisata, Kali ini parawisata.net hadir dengan tema Lawang Sewu. Rasanya hampir tak ada yang tidak mengenal obyek wisata populer ini. Yuk langsung saja kita simak selengkapnya.

Sejarah Lawang Sewu Semarang

Lawang Sewu berasal dari bahasa Jawa, “Lawang” secara harfiah diartikan sebagai pintu, dan “Sewu” merupakan angka seribu. Nama ini diambil dari banyaknya pintu yang ada dibangunan ini.
Lawang Sewu Semarang
photo: ig @safari_sragen
Meski jumlahnya tidak genap seribu namun nama Lawang Sewu ini sangat cocok disematkan padanya. Menurut data yang ada total pintu dibangunan ini hanya berjumlah 342 buah. Namun karena jumlahnya sangat banyak maka disebut dengan Lawang Sewu.

Obyek wisata Lawang Sewu merupakan ikon wisata kota Semarang yang sangat populer. Jika berkunjung ke Semarang rasanya tak akan lengkap jika tidak mampir ke tempat ini.

Bangunan ini sudah ada sejak Masa Pemerintahan Kolonial Belanda. Tadinya Lawang Sewu merupakan Kantor Perusahaan Kereta Api milik Belanda. Karena sudah lama tidak difungsikan lagi kemudian bangunan unik ini dijadikan sebagai tujuan wisata.

Gedung tua peninggalan Belanda ini berdiri dengan sangat megah. Arsitektur khas Belanda sangat melekat pada bangunan ini. Keunikannya inilah yang akhirnya menjadi daya tarik tersendiri.
Lawang Sewu Semarang
photo: ig @indahtyas
Selain terkenal sebagai obyek wisata sejarah yang menarik, Lawang Sewu populer akan kemistisannya. Mungkin sebagian dari kalian beranggapan hal yang sama jika mendengar nama Lawang Sewu.

Di beberapa bagian dari bangunan ini memang dahulunya pernah digunakan sebagai penjara. Beberapa ruang diantaranya penjara berdiri, penjara jongkok, ruang bawah tanah, ruang penyiksaan dan sumur tua.

Pada ruangan-ruangan inilah dahulunya banyak tawanan yang dipenjarakan. Pada penjara jongkok misalnya hanya berukuran tak lebih dari 1.5 meter. Mereka dimasukkan secara berdesak-desakan dalam satu ruangan.

Tak heran kala itu banyak yang meninggal di penjara tersebut. Hal itulah yang menyebabkan kesan mistis melekat pada bangunan ini. Ruang-ruang tersebut dibilang angker oleh warga sekitar.

Banyak dari pengunjung yang juga bisa merasakan aura yang berbeda dari bangunan ini. Meskipun menyeramkan justru kesan mistis tesebut dapat menarik jumlah wisatawan yang cukup banyak.

Lawang Sewu merupakan bangunan khas Belanda yang terkenal. Terlepas bagaimana mitor yang berkembang di masyarakat, banyak pengunjung yang menghabiskan waktu liburan mereka.
Lawang Sewu Semarang
photo: ig @arumsetyaningrum_
Tak hanya ketika siang hari saja, bangunan tua ini terlihat sangat elok ketika malam hari. Faktor pencahayaan yang baik serta gaya bangunannya yang unik menjadikan tempat ini sebagai lokasi hunting foto yang menarik.

Bangunan yang berdiri pada tahun 1904 ini telah mengalami renovasi atau pemugaran. Namun renovasi ini tidak mengubah bentuk aslinya hanya melakukan perbaikan pada bagian yang rusak serta mengecat kembali bangunan yang ada.

Baru pada 5 Juli 2011 Lawang Sewu diresmikan sebagai obyek wisata oleh Ibu Negara Ani Yudhoyono yang menjabat kala itu. Sejak itu Lawang Sewu menjadi fenomenal dan banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Lokasi Lawang Sewu Semarang

Berminat ke Lawang Sewu ? Datang langsung ke Kompleks Pemuda tepatnya di Jalan Pemuda, Sekayu, Semarang Tengah, Semarang, Indonesia. Akses menuju lokasi sudah cukup baik dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Harga Tiket Masuk & Jam Buka Lawang Sewu

Untuk dapat menikmati bangunan indah ini pengunjung hanya dikenai tiket masuk Rp.10.000,- untuk dewasa dan Rp.5.000,- untuk anak-anak. Jika ingin mengunjungi ruang bawah tanah yang anti mainstream sobat akan dikenai biaya tambahan sebesar Rp.3.000,-

Tidak ada waktu kunjungan tertentu dikawasan ini, pengunjung dapat datang kapan saja sesuka hati. Karena tempat ini dibuka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 21.00 WIB.

Akhir kata

Lawang Sewu merupakan obyek wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Jika berkunjung ke kota Semarang sempatkan untuk mampir ke tempat ini ya. Semoga liburan anda menyenangkan