Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Coban Nirwana Malang, Review Lokasi dan Tiket Masuk

Pada kesempatan kali ini parawisata.net akan mengajak sobat traveller untuk berlibur di Coban Nirwana Malang. Coban Nirwana merupakan tempat wisata yang tengah hits di Kota Malang. Meski terbilang baru, tempat ini telah mampu memikat traveller dari luar daerah.
Wisata Coban Nirwana Malang
photo: ig @tmrromadhon95
Jadi tidak heran jika tempat wisata ini selalu ramai dipenuhi pengunjung apalagi ketika akhir pekan atau musim liburan. Mereka kebanyakan datang dari luar daerah khususnya Jawa Timur seperti Pasuruan, Sidoarjo hingga Surabaya dan sekitarnya.

Sekilas Tentang Wisata Coban Nirwana Malang

Di tanah Sunda air terjun disebut dengan Curug sedangkan jika di Malang air terjun disebut dengan Coban. Coban Nirwana memiliki nama lain yakni Coban Mbok Karimah dan Coban Gedangan. Dari sejumlah nama yang ada tampat ini lebih sering disebut dengan Coban Nirwana. Karena selain lebih mudah untuk dilafalkan, nama nirwana lebih familiar dan menjual.
Wisata Coban Nirwana Malang
photo: ig @bagas.ignasius
Sebelumnya kawasan Coban Nirwana merupakan air terjun yang cukup sepi dan belum terekplore. Seiring berkembangnya teknologi dan social media Coban Nirwana mulai banyak dikenal. Banyak dari pengunjung mengekspose keindahan tempat ini di akun instagram mereka.

Keeksotisan yang disuguhkan oleh Coban Nirwana mampu menggugah netizen. Sejak itu tempat ini menjadi topik hangat dan banyak dikunjungi oleh traveller. Viewnya yang keren menjadikan ini sebagai sebuah tempat hunting foto yang apik.

Karakteristik dari Coban Nirwana terbilang unik. Tebing batunya bergaris-garis dan memiliki dua tingkatan. Kawasan sekelilingnya dihiasi dengan bongkahan batu-batu besar dengan rerumputan hijau menghiasi dinding tebing.

Spot Menarik Coban Nirwana Malang

Spot yang indah akan anda dapatkan dari semua sisi, baik dari atas, maupun dari sisi bawah tebing. Secara keseluruhan kawasan ini nampak begitu eksotis dan indah sekali. Batu-batu besar yang ada disekelilingnya dapat anda gunakan untuk tempat bersantai sembari mengagumi keindahan ciptaan tuhan yang luar biasa ini.
Wisata Coban Nirwana Malang
photo: ig @bagas.ignasius
Coban Nirwana memiliki aliran yang cukup deras baik ketika musim hujan ataupun musim kemarau. Waktu kunjungan terbaik di kawasan ini adalah ketika awal musim kemarau tepat setelah musim hujan. Saat-saat inilah pemandangan terbaik disuguhkan karena airnya nampak sangat jernih. Medan menuju Coban Nirwana juga akan lebih mudah dilalui ketika musim kemarau karena tidak becek.

Layaknya wisata air terjun lainnya Coban Nirwana juga menyuguhkan suasana alam tenang dan nyaman. Nuansanya hening kontras sekali dengan yang disuguhkan oleh kawasan Ibukota. Tempat ini merupakan tempat yang cocok untuk menghabiskan waktu akhir pekan anda. Anda dapat melepaskan penat dengan berkunjung ke tempat ini.

Lokasi Coban Nirwana Malang

Yuk ajak partner anda merasakan sensasi wisata di Coban Nirwana yang berlokasi di Desa Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Lokasi ini cukup mudah ditemukan mengingat letaknya tidak jauh dari Pasar Gedangan. Pengunjung dapat bertanya ke penduduk setempat atau mengaktifkan GPS anda untuk dapat sampai ke lokasi.

Medan yang anda lalui untuk menuju lokasi berupa jalan sempit dan masih belum diaspal. Oleh karena itu disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua. Jangan sekali-kali menggunakan mobil karena anda tidak akan bisa menembus lokasi.

Hampir sama dengan kawasan wisata Air Terjun Basoka di Madura, Coban Nirwana juga belum memiliki fasilitas penunjang yang cukup. Kami menyarankan agar membawa perlengkapan dan perbekalan yang cukup agar perjalanan wisata anda terasa menyenangkan.

Akhir kata

Untuk bisa menikmati keindahan tempat ini anda tidak akan dikenai tiket masuk alias gratis. Dimana lagi ada tempat yang menyuguhkan view ciamik dengan biaya yang gratis. Wah apalagi yang sobat tunggu? pastikan tempat ini anda masukan ke dalam list wisata anda selanjutnya. Jangan lupa ikuti parawisata.net agar mendapatkan informasi wisata terbaru.