BqjUHJ4RdlyfGfrxz4CNrTLTJkQdMUdaOtzrTaNW

Rekomendasi 8 Tempat Wisata Terbaik di Tuban Jawa Timur Yang Bisa Dikunjungi

Parawasita - Tuban ialah salah satu  wilayah  di Jawa Timur yang berada di Pantai Utara Jawa Timur. Kawasan ini memiliki lokasi yang strategis, yaitu di perbatasan Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah dengan dilintasi oleh Jalan Nasional Daendels di Pantai Utara. Pusat pemerintahan.

Tuban sendiri adalah sebuah daerah yang mempunyai segudang tempat wisata yang sangat indah diantaranya seperti wisata pantai, wisata alam bahkan wisata religi pun semua ada di sini, bila kamu ingin berlibur disinilah tempat yang cocok, dijamin kamu tidak akan kecewa apalagi bila kamu berkunjung dengan sanak saudara, pasangan ataupun keluarga dijamin pasti liburan kalian akan lebih menyenangkan. Berikut ini akan dibahas Rekomendasi 8 Tempat Wisata Terbaikdi Tuban yang wajib harus kamu kunjungi bila  kamu  sedang berkunjung ke Tuban yaitu :

 

1.     Tempat Wisata Pantai Boom

Tempat wisata Pantai Boom ialah semenanjung buatan yang dulunya merupakan bekas pelabuhan kuno pada masa Majapahit, letaknya berada di sebelah utara alun-alun pusat kota Tuban sehingga lokasinya sangat mudah dicapai. Pantai ini telah ditata sedemikian rupa oleh pemda setempat menjadi tempat wisata dengan dibuatnya berbagai macam  fasilitas yang memadai. Baru dipintu gerbang saja, sudah banyak hal menarik yang disuguhkan oleh tempat wisata ini. Tak jauh dari pintu masuk terdapat sumber air tawar yang mengalir terus menerus. Konon sumur tua merupakan peninggalan belanda, tetapi ada juga yang mengatakan ini merupakan peninggalan wali. Di sekitar pantai terdapat jalan yang menjorok ke laut. Jalan ini bisa kita gunakan untuk menikmati panorama laut. Disini juga ada beberapa gazebo yang bisa kita gunakan untuk melihat pemandangan saat matahari terbit ataupun terbenam. Sangat menakjubkan.

 

2.     Tempat Wisata Pantai kelapa


Tempat wisata Pantai kelapa ini berada di Panyuran, sebelah timur kota Tuban. Di tempat wisata Pantai kelapa ini pengunjung bisa melihat rimbunnya pohon kelapa dengan berbagai macam bentuk yang unik. Pohon kelap di tempat ini tidak hanya berdiri tegak tetapi juga ada yang tumbuh landai dan melengkung. Para wisatawan yang dating bias juga berkumpul sambal duduk-duduk atau berdiri diatas pohon kelapa yang landai dan melengkung tersebut. Di tempat ini suasanya sangat sejuk dan pemadangannya cukup indah. Tempat ini bahkan telah menjadi lokasi kemah dan juga pelatihan bagi segenap institusi di kota ini. Disini kita juga akan menemukan banyaknya penduduk lokal yang berprofesi sebagai nelayan, dengan berbagai aktifitasnya. Pantai ini sangat indah, teduh dan masih sangat alami. Pantai ini sering dijadikan tempat untuk berkemah juga. Jadi bila  kita ingin merasakan beach camp, bisa mencobanya di pantai ini.

 

3.     Tempat Wisata Pantai Cemara 

Tempat wisata Pantai Cemara menyuguhkan pemandangan pantai yang ditepinya berjajar pohon cemara yang rindang. Di tempat Kita bisa beristirahat sambal berteduh sambil menikmati pesona indahnya pantai. Di pantai ini, Kita juga akan menemukan Mangrove Center yang dikelola oleh Bapak Ali Mansur. Bagi para wisatawan atau pengunjung yang dating ke pantai ini dan mengunjungi  Mangrove Center ini, anda akan di bebaskan dari biaya tiket masuk. Kita akan dikenakan biaya hanya untuk penggunaan listrik dan air bersih saja. Kapan lagi coba bisa wisata gratisan gini. Terdapat  berbagai macam fasilitas seperti gazebo dan juga pondok yang bisa digunakan untuk melakukan pertemuan atau sekedar bersantai. Dipantai ini, Kita bisa bermain air karena pantainya relatif dangkal dan ombaknya tidak begitu besar. Kita juga bisa melakukan kemah disini. Sungguh tempat yang asyik untuk menghabiskan liburan.

 

4.     Tempat Wisata Pantai Sowan

Tempat wisata Pantai Sowan berada ditepi jalan pantura, Dusun Sowan, Desa Bogorejo, Kecamatan Banjar. Tempat wisata Pantai Sowan memiliki pemandangan alam yang indah dan eksotis. Tempat wisata Pantai Sowan  ini lebih dikenal dengan sebutan Wana Wisata Sowan. Di wilayah Pantai Sowa terdapat kawasan hutan di tepi pantai dengan luas sekitar 32 hektar. Berbagai macam jenis pepohonan tumbuh subur dikawan wisata ini, mulai dari pohon trembesi, klampis dan mahoni. Tempat wisata ini dikelola oleh KPH Perhutani Tuban. Rentetan pohon di tempat ini, memberikan suasana yang seharusnya terasa panas membuat suasana pantai lebih sejuk dan bisa menjadi tempat bersantai. Untuk kamu yang suka berkemah dapat menjadikan kawasan tersebut sebagai tempat berkemah.

 

5.     Tempat Wisata Air Terjun Lembah Bongok

Tempat Wisata Air Terjun Lembah Bongkok yang banyak belum orang tahu. Tetapi  sesampainya di Air Terjun Lembah Bongok, rasa lelah sepanjang perjalanan akan hilang. Indahnya alam sekitar membuat perasaan menjadi sangat tenang. Belum lagi suara burung dan monyet liar membuat refreshing terasa sempurna. Ada  2 air terjun indah yang menghiasi tebing batu Lembah Bongok. Pengunjung bisa menikmati sensasi mandi di bawah aliran air terjun. Tak jarang pengunjung juga memanjat tebing untuk berfoto di atas aliran air. Sungguh menyenangkan!

 

6.     Tempat Wisata Goa Putri Asih

Tempat Wisata Goa Putri Asih ini popular dengan berbagai ornamen batu didalamnya. Ornamen-ornamen itu diantaranya ornamen stalakmit, stalaktit, gordyn (ornamen batu karena tetesan air yang sangat tipis hingga membentuk menyerupai kelambu atau selendang), pillar (penyangga dari ruang kedua dan ketiga), flow stone, soda strav, heksentrik (batu ini tumbuhnya dari stalaktit tapi tumbuh menyamping kemudian naik keatas), helektit (batu yang tumbuhnya dari stalaktit yang tumbuh menyamping),  dan calcite floor (berasal dari aliran flow stone lalu bersatu dengan tanah dan mengndap hingga membentuk ornamen). Tempat Wisata Goa Putri Asih ini memiliki 9 ruangan dengan pesona ornamen bebatuan yang beragam. Kita wajib mengunjungi tempat ini untuk membuktikan bagaimana alam memproduksi keindahan.

 

7.     Tempat Wisata Goa Kancing

Tempat Wisata Goa kancing ini tak seperti goa pada umumya yang ada di tuban seperti Goa Ngerong rengel dan goa-goa lainya. Tempat Wisata Goa kancing memiliki ciri khas tersendiri yaitu goa kancing ini berupa lubang mirip seperti sumur. Loh kok sumur? memang, untuk kedalaman hanya sekitar 4-5 meter aja loh. Disamping goa atau lubang itu ada juga cekungan yang tidak terlalu dalam. Namun, keunikan dari situs wisata goa kancing ini bukanlah dari goanya melainkan pada dua tebing batu yang berdiri kokoh tepat diatas mulut goa, dan tempat ini cocok banget buat temen-temen yang hobi mengabadikan dengan  berselfie ria atau hunting foto.

 

8.     Tempat Wisata Pemandian Bektiharjo

Tempat wisata Pemandian Bekti Harjo ialah sebuah pemandian yang konon menjadi cikal bakal kota Tuban. Tempat wisata di Tuban ini merupakan pemandian dengan mata air yang terus mengalir dan tidak pernah surut saat kemarau. Berdasarkan penduduk sekitar dan para tetua, pemandian ini diyakini sebagai asal usul Tuban yang berarti MeTu Banyune yang di dalam bahasa Indonesia berarti Keluar Air atau adanya Mata Air. Di sekitar Pemandian Bekti Harjo juga ada sekelompok kera liar yang sangat jinak dan tidak suka mengusili para pengunjung. Kamu  bisa bermain dengan kera dan memberi makan untuk dapat mengajak kawanan kera ini bermain. Di sini juga ada fasilitas kolam renang buat anak dengan seluncuran dan permainan lain. Jadi pemandian ini sangat nyaman untuk tempat berlibur bersama keluarga dengan membawa anak-anak.

 

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Saran dan Kritik

Nama

Email *

Pesan *