BqjUHJ4RdlyfGfrxz4CNrTLTJkQdMUdaOtzrTaNW

Rekomendasi 10 Tempat Wisata di Bojonegoro Jawa Timur Yang Menarik

Parawisata = Bagi kamu yang ingin berlibur setelah sekian lama berada dirumah karena pandemi corona atau yang hobi bertualang di alam, atau sekedar mencari tempat yang nyaman dan menarik untuk dikunjungi kamu wajib datang ke Bojonegoro. Di sini, kamu  bisa menikmati berbagai macam tempat wisata diBojonegoro yang menyajikan berbagai macma  lokasi wisata yang indah dan menarik. Berikut ini akan dibahas 10 tempat wisata di bojonegoro yang wajib kamu  kunjungi ialah sebagai berikut

 

1.     Tempat Wisata Kayangan Api di Sendangharjo


Tempat wisata Kayangan api ialah sebuah tempat wisata di bojonegoro yang menawarkan salah satu keajaiban alam berupa api yang tidak pernah padam sehingga api ini disebut sebagai api abadi. Lokasi tempat wisata Kayangan api ini berada di desa kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, tepatnya di desa Sendangharjo kecamatan Ngasem. Api ini sebenarnya ialah perwujudan dari gas alam yang keluar secara terus menerus dan menyebabkan terjadinya api yang tidak pernah padam. Api ini secara ajaib juga tidak padam walaupun hujan deras mengguyurnya. Kamu  bisa mendapatkan pemandangan menarik ini dengan menempuh perjalanan sepanjang 25 kilo meter dari arah Bojonegoro.

Selain wisata api abadi di kayangan api, kamu akan dapat menikmati sebuah wisata alam berupa pemandian air yang konon katanya bisa menyembuhkan segala penyakit. Air ini bila di lihat dari kejauhan akan nampak seperti air yang mendidih dan mengeluarkan bau busuk yang menusuk, akan tetapi pada saat mendekat bau itu akan menghilang dan air yang nampak mendidih itu akan terasa sejuk dan dingin pada saat di sentuh.

 

2.     Tempat Wisata Waduk Pacal di Kedungsumber

Tempat wisata Waduk Pacal ialah tempat wisata di bojonegoro berupa waduk hasil peninggalan Belanda yang didirikan sejak tahun 1933. Kamu dapat mengakses waduk ini setelah melakukan perjalanan sepanjang 35 kilo meter dari kota bojonegoro. Tempat wisata Waduk Pacal ini merupakan peninggalan masa penjajahan dan memiliki ukuran yang sangat besar sehingga memiliki nilai sejarah yang tinggi karena masih beroperasi hingga sekarang  ini. Bila  kamu  datang ke waduk pacal kamu akan merasakan hawa dan juga suasana zaman kolonial yang pekat karena arsitekur dari bangunan waduk pacal yang masih asli dan sangat kental terasa.

 

3.     Tempat Wisata Wana Tirta Dander di Dander

Tempat wisata Wana Tirta Dander ini  umumnya ramai pada hari minggu atau libur. Lokasi ini bisa kamu capai setelah melakukan perjalanan ke selatan sejauh 15 kilo meter dari kota Bojonegoro. Tempat Wisata Wana Tirta Dander di Dander ini merupakan sebuah tempat liburan utama yang dimiliki oleh daerah Bojonegoro sehingga banyak sekali keluarga yang datang untuk berlibur di taman wisata ini. Hal ini juga disebabkan wisata Wana Tirta ini memiliki wahana yang lengkap dari kolam renang hingga lapangan golf.

 

4.     Tempat Wisata Bendungan Gerak Bojonegoro

Bendungan ini ialah bendungan paling besar yang ada di Bojonegoro. Pembangunannya menghabiskan biaya sebesar 351 milyar hasil pinjaman dari Japan International Corporation Agency atau JICA. Berlokasi di kecamatan Trucuk, bendungan ini memiliki banyak kegunaan. Selain untuk menyediakan air bersih untuk rumah tangga, bendungan ini juga menjaga saluran irigasi untuk sawah agar tidak kekeringan pada musim kemarau. Bendungan ini juga berpera sebagai pengontrol air bengawan solo agar tidak meluap dan menyebabkan kerusakan di sekitar sungai pada saat musim penghujan datang. Tak hanya itu, bendungan ini juga dimanfaatkan sebagai jembatan untuk menyambungkan antara desa satu dengan desa lainnya. Tak hanya itu, bendungan ini juga masuk ke dalam tempat wisata dibojonegoro dan memang difungsikan sebagai tempat wisata.

 

5.     Tempat Wisata Masjid Al Birru Pertiwi

Tempat Wisata Masjid Al Birru Pertiwi merupakan salah satu tempat wisata di bojonegoro yang berada di Dander ialah Masjid Al Birru Pertiwi, majid in imemiiki arsitektur yang menawan dan juga indah sehingga banyak digunakan untuk berteduh orang orang yang hendak melakukan ibadah sholat dan juga sebagai tempat untuk melakukan foto. Masjid ini memiliki kubah berwarna emas dan terdiri dari 3 lantai, lantai pertama merupakan area parkir, lantai 2 untuk jamaah pria dan lantai paing atas yaitu lantai ke 3 digunakan untuk jamaah wanita. Masjid yang luar biasa besar ini di desain oleh salah saru arsitek terkenal dari jakarta bernama Oka Garis Prada.

 

6.     Tempat Wisata Masjid Agung Bojonegoro di daerah Kauman

Tak hanya  masjid Al Birru Pertiwi yang dijadikan sebagai tempat wisata , ada juga satu masjid lagi yang dimiliki oleh kota Bojonegoro yaitu masjid Agung Bojonegoro. Masjid Agung Bojonegoro  ini sanggup menampung 1000 orang didalamnya dan memiliki luas sekitar 2.400 meter persegi. Luasan bukan.

 

7.     Tempat Wisata Sejarah di Museum Rajekwesi

Tempat Wisata Museum rajekwesi ialah museum yang digunakan untuk menyimpan fosil fosil purba, yang termasuk di dalamnya ialah fosil kepala gajah yang memeilki lebar sepanjang 25 meter. Luar biasa bukan? Fosil ini merupakan sebuah fosil yang diperkirakan dimiliki oleh gajah yang hidup sekitar satu juta tahun yang lalu. Musim ini pada awalnya merupakan kantor biasa yang bermanfaat untuk menampung hasil temuan warga berupa benda benda dari masa lalu. Namun ,  karena alasan  takut benda benda bersejarah itu nanti rusak, maka bangunan atau kantor ini kemudian difungsikan sebagai sebuah lokasi museum yang hingga sekarang disebut dengan museum rajekwesi.

 

8.     Tempat Wisata Klenteng Hok Swie Bio

Salah satu lokasi tempat wisata yang ada di Bojonegoro ialah klenteng Hok Swie Bio. Klenteng ini termasuk pada salah satu wisata religi. Klenteng Hok Swie Bio ini memiliki ornamen penting berwarna merah termasuk pada kepala naganya. Klenteng Hok Swie Bio ini juga dihiasi dengan bebatuan indah yang dibuat di sepanjang dinging yang menggambarkan bentuk kepala naga. Klenteng Hok Swie Bio ini akan sangat ramai pada saat menjelang imlek. Bagi peziarah dari lokasi yang jauh kamu  tidak sudah kawatir karena tempat ini memiliki tempat peristirahatan sehingga kamu  bisa menginap dan istirahat disana.

 

9.     Tempat Wisata Makam Wali Kidangan

Tempat Wisata Makam Wali Kidangan adalah salah satu tempat wisata di bojonegoro atau lebih tepatnya merupakan tempat ziarah. Apalagi makam dari wali yang popular. Di Makam Wali Kidangan ini sebetulnya terdapat 3 buah makam yang dipercaya sebagai makam wali kidangan dan juga keluarganya. Namun,  tidak ada yang tau persis mana makam wali kidangan yang sesungguhnya.

 

10.   Tempat Wisata Makam Buyut dalem


Tempat Wisata Buyut dalem ialah sebutan bagi seorang pangeran yang bernama Pangeran Raden Aryo. Makam ini berada di kelurahan Kadipaten. Di makam itu akan dilakukan berbagai macam upacara serupa ritual yang dilakukan setiap Rabu pahing. Makam ini disebutkan sebagai salah satu lokasi wisata religi yang dimiliki oleh Bojonegoro. Tempat wisata Buyut dalem atau Pangeran Raden Aryo ialah putra dari Bupati Tuban. Bupatu Tuban ialah salah satu yang terlibat dalam perang kemerdekaan yaitu pada perang pajang. Beliau meninggal pada perang tersebut, sebab Pangeran Raden Aryo ialah putra dari Bupati Tuban sehingga keberadaannya di sakralkan.

 

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Saran dan Kritik

Nama

Email *

Pesan *