BqjUHJ4RdlyfGfrxz4CNrTLTJkQdMUdaOtzrTaNW

Jelajah Tempat-tempat Wisata dan Budaya di Kota Jogja

Parawisata - Banyak hal yang perlu kamu ketahui disaat berlibur ke Kota Jogja, apalagi liburan kamu bersama keluarga atau teman-teman, kadang menggunakan kendaraan pribadi mengasikkan tapi dengan keadaan yang sekarang makin ramainya kendaraan membuat kita cepat lelah karena menghadapi kemacetan. Jika kamu tidak ingin santai, kamu bisa menggunakan transportasi umum seperti bus, kereta api atau pesawat. Untuk di masa pandemi ini kamu harus mengikuti sesuai protokol covid-19. Untuk kendaraan di sana bagaimana? Tidak usah bingung, sekarang sudah banyak penyedia jasa sewa atau rental mobil. Apabila kamu ingin jelajah tempat-tempat wisata di Kota Jogja bareng keluarga atau temen-temen, kamu bisa mencari sewa hiace Jogja sesuai dengan yang kamu inginkan.



Sekilas Tentang Jogja

Yogyakarta telah dikenal akan keindahan alam, kekayaan seni dan tradisi, serta warisan budaya hingga sajian kuliner khasnya. Kondisi geografis Kota Jogja yang strategis arena berada si tengah Pulau Jawa, di dukung cuaca bersahabat membuatnya kerap menjadi pilihan para wisatawan. Bahkan, kombinasi itulah yang menyebabkan sebagaimana dikutip dari situs Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia mengapa Yogyakarta menjadi tujuan wisata paling sering dikunjungi kedua di Indonesia setelah Bali.

Jelajah Wisata Budaya di Jogja

Ada beberapa tempat wisata di Jogja yang sering dikunjungi oleh para wisatawan. Tempat-tempat wisata ini menjadi hal yang wajib dikunjungi apabila kamu berlibur ke Kota Jogja. Berikut tempat wisata yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga atau teman.

1.      Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta Hadiningrat atau sering disebut juga Keraton Yogyakarta ini merupakan sebuah istana resmi dari Kesultanan Ngyogyakarta Hadiningrat yang berlokasi di Kota Jogja. Keraton Yogyakarta adalah objek utama di Kota Jogja. Komplek bangunan bersejarah yang merupakan istana dan tempat tinggal Sultan Hamengkubuwono dan keluarganya.

Di Keraton Jogja, kamu bisa menikmati keindahan dari masa lalu melalui arsitektur bangunannya dapat juga dinikmati kesenian tradisional yang disajikan setiap hari di Bangsal Manganti. Adapun, Keraton Yogyakarta mempunyai beberapa warisan budaya luhur, baik yang berbentuk riatual atau upacara adat maupun peninggalan benda-benda kuno dan bersejarah.

2.      Masjid Gedhe Kauman

Masjid Ghede Kauman terletak di sisi barat alun-alun utara, atau tepatnya di sebelah kiri Keraton Jogja. Masjid Ghede Kauman juga memiliki keistimewaan karena berbagai nilai yang dikandungnya, seperti sejarah, social dan spiritual.

Masjid Ghede Kauman mempunyai serambi berbentuk persegi empat yang terletak diatas susunan batu setinggi satu meter. Pada serami ini terdapat 24 tiang berumpak batu yang berbentuk Padma.

3.      Tamansari Yogyakarta

Tamansari sari Yogyakarta merupakan salah satu warisan budaya Keraton Kesultanan Yogyakarta yang masih berdiri. Awalnya, taman ini memiliki luas lebih dari 10 hektar dengan sekitar 57 bangunan, baik berupa gedung, kolam pemandian, jembatan gantung, kanal air maupun danau buatan dan lorong bawah air.

4.      Pura Pakualaman

Selain Keraton Yogyakarta, Pura Pakualaman merupakan salah satu pusaka budaya di Kota Jogja. Bangunan Istana Pakualaman berada dalam komplek seluas 5,4 hektar dan dikellingi pagar tembok tinggi.

Selain pendapa, di dalam komplek Pura Pakualaman jugaterdapat perpustakaan dan museum yang dapat dikunjungi pada hari-hari tertentu. Kedua tempat ini khusus memamerkan koleksi peninggaan sejarah yang berkaitan dengan Pura Pakualaman.

5.      Jalan Malioboro

Selain menjadi pusat perdagangan, jalan yang merupakan bagian dari sumbu imajiner yang menghubungkan Pantai Parangtritis, Panggung Krapyak, Kraton Yogyakarta, Tugu dan Gunung merapi ini dengan objek-objek wisata sejarah, wisata arsitektur peninggalan kolonial dan juga wisata belanja tradisional lainnya.

6.      Pantai Parangtritis

Parangtritis adalah sebuah pantai yang relative landau dan berpasir putih dengan selang-seling oleh bukit-bukit berbatu. Nama Parangtritis sendiri memiliki sejarah ang cukup menarik. Selain sebagai tempat wisata, oleh sebagian masyarakat Yogyakarta, Parangtritis masih dianggap sebagai poros imajener (Laut Selatan-keraton-Gunung Merapi) dan merupakan bagian spiritual bagi Keraton Yogyalarta.

7.      Kaliurang

Berarak 28 kilometer dari pusat Kota Jogja, kaliurang kini enjadi sebuah kawasan wisata alam dan budaya yang memikat banyak wisatawan, serta menjadi tempat yang menyenangkan untuk rekreasi bersama keluarga ataupun teman.

Selain itu, juga terdapat banyak lokasi wisata yang dapat dinikmati dikawasan Kaliurang, yaitu:
·         Taman bermain anak
·         Tlogo Putri
·         Gardu Pandang
·         Wisma Kaliurang
·         Bukit Turgo dan Plawangan
·         Pos Pengamatan Kaliurang
·         Bukit Pronojiwo

8.      Candi Prambanan

Candi Prambanan ini, yang biasa juga di kenal dengan sebutan Candi Roro Jonggrang merupakan sebuah komplek candi Hindu yang terbesar di Indonesia. Aslinya, di komplek Candi Prambanan secara keseluruhan terdapat 240 candi besar dan kecil. Dari jumlah tersebut kini hanya tersisa 18 candi, yaitu 8 candi utama dan 8 candi kecil zona inti serta 2 candi perwara. Sebuah candi hanyak akan direnovasi apabila minimal 75% batu  asli masih ada. Oleh karena itu, banyak candi-candi kecil yang tak dibangun ulang dan hanya tampak pondasi saja.

Kawasan candi ini cukup luas dan lebar, kalian bisa berfoto-foto untuk mengabadikan momen kalian di Candi Prambanan bersama keluarga ataupun teman.

9.      Pantai Glagah

Pantai Glagah adalah pantai yang memiliki potensi wisata yang sanagta besar. Pantai ini berjarak sekitar 40 km dari Kota Jogja, atau 15 km dari wates. Dipantai Glagah, pengunjung dapat menikmati keindahan alam sekitarnya lewat sebuah gardu pandang.

Dipantai ini juga terdapat kawasan pemancingan. Kondisi Pantai Glagah yang landai, menyebabkan pantai ini berlimpah dengan hasil laut. Selain memancing pengunjung bisa juga melakukan kegiatan lainnya seperti berenang dan mendayung.

10. Gua Pindul

Salah satu gua yang merupakn rangkaian dari 7 gua dengan aliran sungai dibawah tanah yang ada di Desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunung Kidul atau sekitar 12 km dari wonosari.

Menyusuri Gua Pindul sekana berpetualang di perut bumi. Di sana kita akan menemukan stalagmt dan stalaktit yang begitu mempesona berikut ornament-ornamen alam nan cantik seperti batu Kristal. Di tengah gua juga terdapatsebuah tempat yang menyerupai kolam, jadi wisatawan bisa beristirahat, berenang ataupun melompat dari ketinggian di sini. Di tengah gua juga ada sebuah ruangan yang agak besar dengan lubang diatasnya atau yang kerap disebut warga setempat dengan sumur terbalik. Sinar matahari yang masuk melalui lubang ini membuat suasana gua semakin indah.

Kamu juga bisa melakukan kegiatan cave di gua ini, untuk melakukan cave tubing wisatawan harus menggunakan peralatan seperti head lamp, pelampung, life vast. Semua itu tentu agar perjalanan menjelajahi gua menjadi aman. Wisatawan pun tidak perlu khawatir, karena semua peralatan itu sudah disediakan oelh pihak pengelola.




Seru bukan untuk mencoba jelajah tempat-tempat wisata di Jogja, apalagi berkunjungnya bersama keluarga ataupun teman-teman. Kalau di lihat dari jarak tempuh ke tempat-tempat tersebut sangat lumayan agak jauh, jadi kamu harus memiliki waktu yang cukup lama untuk berlibur ke Jogja. Apabila liburan kamu rombongan, kamu bisa mencari  Rental Hiace Jogja yang pas untuk rombongan kamu.

Semoga jelajah wisata Kota Jogja kali ini bermanfaat yaa
Related Posts
SHARE
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Saran dan Kritik

Nama

Email *

Pesan *