BqjUHJ4RdlyfGfrxz4CNrTLTJkQdMUdaOtzrTaNW

Objek Wisata di Kalimantan Yang Menarik Untuk Dikunjungi


Parawisata - Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah ruah. Di setiap pelosok daerah memiliki keindahan wisata alam yang sangat indah dan memukau, terutama di Pulau Kalimantan. Pulau Kalimantan sangat di kenal dengan sebutan Pulau Borneo (Borneo Island). Pulau ini terbagi menjadi lima provinsi, yaitu Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timut dan Kalimantan Utara.

Wisata Kalimantan ini tidak kalah menariknya dengan wisata pulau lainnya di Indonesia. Meskipun tidak sepopuler Pulau Dewata Bali, Pulau Kalimantan memiliki banyak tempat wisata yang menarik dan nggak biasa. Mempunyai panorama yang kompatibel layak untuk mengisi liburan atau berwisata bersama keluarga bahkan dengan pasangan.




Objek wisata di Kalimantan tidak akan membuat kamu jenuh, karena tempat wisatanya yang unik membuat kamu ingin berulang untuk mengunjungi kembali. Jadi, kamu bisa memulai untuk memasuki tempat wisata Kalimantan ke dalam daftar liburan kamu.

1.      Tugu Khatulistiwa

Photo by Muh. Sirojul Munir
Tugu Khatulistiwa merupakan sebuah ikon di Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Di objek wisata Kalimantan Barat selain kamu bisa melihat arsitektur Tugu Khatulistiwa, kamu juga dapat mempelajari informasi-informasi garis khatulistiwa.

Hal unik yang sering terjadi disaat kamu berlibur ke Kota Pontianak dan khususnya mengunjungi tugu ini pada tanggal 21 - 23 Maret atau di tanggal 21 - 23 September, akan terjadi sebuah fenomena alam dimana keberadaan matahari berada lurus diatas garis khatulistiwa hingga membuat tugu tersebut tidak memiliki sebuah bayangan pada umumnya.

2.      Bukit Kelam

Photo by Ramadian Bachtiar
Bukit Kelam merupakan sebuah Gunung Batu yang bernama Gunung Kelam yang terletak di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. Bukit Kelam salah satu objek wisata di Kalimantan Barat yang menjadi ikon wisata di Kabupaten Sintang. Gunung Kelam ini banyak memiliki berbagai kisah misteri. Gumpalan-gumpalan batu raksasa di klaim sebagai bongkahan batu monolit terbesar di dunia.



Di Bukit Kelam ini kamu bisa melakukan tracking ke atas bukit untuk menikmati keindahan panorama yang bikin kamu merinding akan keindahan pemandangan yang diberikan. Untuk melakukan tracking kamu tidak perlu khawatir, karena sudah disediakan anak tangga untuk mempermudah kamu naik keatas. Tempat ini cocok banget buat kamu yang memiliki hobi outdoor.

3.      Sungai Kapuas

Photo by Nizarkauzar
Sungai Kapuas ini sangat terkenal yang berada si Provinsi Pontianak, Kalimantan Barat. Sungai yang merupakan terpanjang di Indonesia memiliki Panjang sungai mencapai 1.143 km. Sungai Kapuas ini memiliki peran yang sangat penting bagi ke hidupan masyarakat Pontianak. Salah satunya adalah sebagai jalur transportasi untuk mobilitas warga disekitar sungai. Kamu pun bisa juga untuk menyusuri Sungai Kapuas ini untuk melihat keindahan alam sekitar sungai.

4.      Pantai Pasir Panjang

Photo by Ivan Rhiady Sastranegara
Salah satu objek wisata pantai yang terkenal di Provinsi Pontianak, Kalimantan Barat karena keindahan pemandangan pantainya. Objek wisata pantai Pasir Panjang menjadi deretan tempat wisata di Kalimanta yang harus kamu kunjungi. Pantai ini sangat terkenal dengan spot surfing, jadi cocok banget nih buat yang punya hobi berselancar. Dan di pantainya pun kamu bisa bersantai dan bermain, bagi kamu yang tidak suka dengan berselancar.

Baca juga : Pulau Kenawa, Surga Kecil Yang Tersembunyi

5.      Danau Tahai

Photo by Paul Wiryantho
Danau Tahai merupakan salah satu objek wisata alam di Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Danau Tahai ini menawarkan bermacam keindahan alam yang hakiki. Danau yang masih asri ini memang harus kamu kunjungi. Disini kamu bisa memulai dengan mengelilingi danau dengan berjalan dan menikmati keindahan alam sekitar danau.

6.      Taman Nasional Tanjung Puting

Photo by Jorge Franganillo
Taman Nasional Tanjung Puting merupakan ikon cagar alam dan suaka margasatwa di Pulau Kalimantan Tengah. Tempat wisata ini merupakan hutan tropis khas Kalimantan sebagai habitat orang utan. Kamu bisa melihat langsung dengan orang utan di habitat aslinya dengan cukup dekat, tidak hanya orang utan, di Taman Nasional Tanjung Puting kamu bisa melihat binatang lainnya seperti beruang, rusa, kucing liar, bekantan dan banyak lainnya.

7.      Pulau Derawan

Photo by green.pit
Pulau Derawan merupakan Kepulauan Maladewa atau Maldives-nya Indonesia. Berlokasi di Berau, Kalimantan Timur, pulau ini menyajikan keindahan pantai yang sangat eksotis. Pulau Derawan ini cocok banget untuk destinasi wisata bulan madu. Buat kalian yang ingin mendambakan liburan yang romantis, Wisata Pulau Derawan bisa jadi rekomendasi buat kamu.

8.      Danau Labuan Cermin

Photo by Fakhrizal Setiawan
Keindahan Dananu Labuan Cermin sudah sangat terkenal. Danau ini terletak Biduk-biduk, Kalimantan Timur ini dapat kamu capai sekitar 6 sampai 7 jam perjalanan yang di tempuh dari Kota Berau. Lanskap yang indah disekitar danau dapat menenangkan para pengunjung yang datang kesana. Kenapa danau ini disebut dengan Danau Labuan Cermin? Karena danau ini memiliki permukaan air yang dapat memantulkan sinar matahari sehingga terlihat amat jernih.

9.      Danau Sentarum

Photo by Cifor
Danau Sentarum masuk dalam rekomendasi tempat wisata di Kalimantan. Danau yang berlokasi di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat ini memang danau yang sangat menakjubkan. Gimana tidak, pada saat musim penghujan datang, danau ini terlihat seperti kumpulan air yang membanjiri hutan. Tapi, saat musim kemarau datang, kamu tidak akan menemukan kumpulan air tersebut melainkan hutan serta padang dengan sedikit air yang mirip dengan kubangan.

10. Pasar Terapung Muara Kuin

Photo by Mowel Blackpacker
Pasar Terapung Muara Kuin ini merupakan pasar yang unik di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Pasar ini beroperasi mulai dari setelah waktu subuh hinga jam 9 pagi. Untuk menikmati suasana pasar ini kamu tidak boleh bangun kesiangan yaa guys.

11. Pulau Beras Basah

Photo by M Reza Faisal
Pulau Beras Basah merupakan pulau kecil di Bontang, Kalimantan Timur. Kamu dapat menempuhnya dengan menggunakan perahu dari Pelabuhan Tanjung Laut, penyebrangan memakan waktu sekitar 45 menit. Pulau ini begitu eksotis dengan hamparan pasir putih serta Mercusuar yang menjulang tinggi. Di pulau ini juga kamu bisa melakukan beberapa aktivitas di pantainya. Jadi, objek wisata di Kalimantan yang satu ini sangat recommended buat kamu disaat berkunjung ke Pulau Kalimantan.

12. Gua Haji Mangku atau Gua Biru

Photo by Indonesia Vacanza
Gua ini terdapat danau kecil yang sangat asri dan airnya pun bersih. Gua Haji Mangku sering disebut juga sebagai Gua Biru. Gua ini terletar di Pualu Maratua, Kalimantan Timur. Disaat disana kamu akan dimanjaan dengan pemandangan serta danau yang eksotis.



Masih banyak lagi sebenernya yang perlu kamu ketahui dari keindahan tempat wisata di Kalimantan. Banyak tempat-tempat unik dan eksotis di Pulau Kalimantan yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga bahkan pasangan kamu. Adapun itu semua, kita harus bersyukur serta bangga dengan kekayaan alam di Indonesia.
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Saran dan Kritik

Nama

Email *

Pesan *