BqjUHJ4RdlyfGfrxz4CNrTLTJkQdMUdaOtzrTaNW

Wisata Labuan Bajo, Petualangan Mendebarkan dengan Komodo

Parawisata - Menjadi pintu gerbang sebelah barat menuju Flores, dan titik awal perjalanan ke Taman Nasional Komodo, Wisata Labuan Bajo menjadi aktifitas yang sangat menantang. Bertambah ramai hotel, restoran, dan fasilitas wisata lainnya bermunculan untuk melengkapi berbagai kebutuhan wisatawan mulai dari kelas backpacker hingga kalangan berduit. Wisata Labuan Bajo masih tetap mempertahankan nuansa santai sebuah kota pelabuhan yang sepi.

Matahari tenggelam di Labuan Bajo menjadi salah satu yang paling eksotis yang pernah ada di mana pun di dunia. Menariknya lagi Wisata Pulau Komodo pun menawarkan berbagai menu makanan Italia terbaik yang ada di Indonesia. Lewat pembukaan terminal baru di Bandara Komodo pada 2013 lalu maka Wisata Labuan Bajo pun lebih mudah dicapai dibanding sebelumnya. Labuan Bajo pun tetap menjadi titik awal terbaik dalam melanjutkan perjalanan ke pulau-pulau Komodo dan Rinca untuk bertemu dengan komodo yang merupakan maskot wisata margasatwa Indonesia, di habitat aslinya.




Transportasi Udara ke Labuan Bajo

Ada peningkatan siginifikan kunjungan wisata ke Labuan Bajo setelah pembukaan terminal baru di Bandara Komodo. Diprediksi peningkatan  jumlah pengunjung mencapai sepuluh kali lipat dibanding sebelum ada terminal baru itu. Bandara Komodo menawarkan koneksi di seluruh wilayah di Indonesia, dengan penerbangan langsung ke Denpasar dan Jakarta, Flores, Bajawa dan dan juga Ende. Karena hal itulah yang membuat Wisata Pulau Komodo adalah bagian dari wisata ke seluruh destinasi di Indonesia.

Waktu penerbangan dari Jakarta ke Bandara Komodo kurang-lebih 2,5 jam, sementara jika dari Denpasar kurang-lebih 1 jam dan 15 menit. Rencana ekspansi lebih lanjut pun tengah disiapkan pemerintah dimana bandara Komodo akan ditingkatkan statusnya menjadi bandara internasional.

Transportasi Laut ke Labuan Bajo

Perjalanan menggunakan kapal ke Labuan Bajo masih menjadi cara populer dan menarik untuk menikmati sepanjang garis pantai Flores yang eksotis. Banyak wisatawan ingin langsung menuju Labuan Bajo dari Lombok, yang meniadakan kebutuhan perjalanan bus darat yang panjang melalui kota Sumbawa. Tersedia beberapa perusahaan pelayaran kapal laut diantaranya Perama Tour yang terkenal itu. Perama Tour menawarkan rute perjalanan dari Lombok ke Labuan Bajo.




Kapal Perama pun kerap berhenti di Pulau Moyo di Sumbawa maupun di pantai-pantai indah untuk snorkeling di sepanjang perjalanan. Sebagaimana biasanya, perjalanan naik kapal dari Lombok pun kerap ditunda gara-gara kondisi cuaca yang tak bersahabat. Untuk diketahui, Selat Lombok merupakan salah satu perairan terdalam di dunia dan mungkin saa berbahaya. Sehingga penting bagi para wisatawan memastikan melakukan checking dan memilih perusahaan transportasi kapal dengan pengalaman baik. Bilamana wisatawan ingin melakukan perjalanan lewat darat dari Lombok, mereka bisa membeli tiket yang akan termasuk feri ke Sumbawa, perjalanan bus melalui Sumbawa, serta feri ke Labuan Bajo. Feri untuk menyeberang ke pulau Flores berangkat dari pelabuhan Sape di timur Sumbawa.



Menelusuri Wisata Labuan Bajo

Labuan Bajo menjadi destinasi luar biasa untuk santai dan duduk-duduk. Namun yang utama di sini adalah  kesempatan untuk mengamati hewan prasejarah yaitu komodo di pulau-pulau terdekat yaitu pulau Komodo dan Rinca. Taman Nasional Komodo memang terdiri dari beberapa pulau kecil, hanya saja Pulau Komodo dan Rinca yang sejauh ini paling populer dan menawarkan kesempatan terbaik untuk melihat reptil raksasa ini. Di Rinca, di mana populasi komodo lebih padat dengan lanskap padang rumput kering kurang memberikan perlindungan kepada para wisatawan.

Komodo lebih besar yang ada di pulau Komodo daripada yang ada di Rinca. Sebagian besar pengunjung pasti akan puas dengan perjalanan sehari ke Rinca, yang lebih dekat ke Labuan Bajo. Agen perjalanan yang berbaris di Jl Soekarno Hatta sebagai jalur utama kota, seluruhnya menawarkan layanan perjalanan perahu ke Rinca, termasuk makan siang, dengan harga sekitar Rp 400.000 per orang. Perjalanan biasanya akan berhenti di beberapa spot snorkeling.






Setelah wisatawan tiba di Taman Nasional Komodo mereka harus membayar biaya masuk, yang termasuk juga biaya tur singkat. Panduan yang diberikan petugas di sana sangat lengkap yang akan membantu wisatawan menjelajahi pulau-pulau dengan aman.

Transportasi di Labuan Bajo

Wisata Labuan Bajo sebenarnya cukup nyaman bila ditempuh dengan berjalan kaki sebab kota ini cukup kecil. Angkutan bemo pun tersedia untuk transportasi dalam kota; atau taksi dengan biaya kurang-lebih Rp 50.000 ke kota. Bilamana wisatawan meninggalkan kota Labuan Bajo menggunakan bus, kemungkinan hotel yang ditempati dapat memesankan taksi dan mengatur agar pengemudi datang dan menjemput. Tak ada terminal bus di Labuan Bajo sebab mereka cenderung ngetem di dekat pelabuhan, namun wisatawan kemungkinan akan dijemput dari mana saja mereka memesan tiket.

Akomodasi di Labuan Bajo

Wisata Labuan Bajo menawarkan banyak pilihan akomodasi yang bagus dan terus berkembang untuk memenuhi berbagai kebutuhan wisatawan. Untuk panorama terbaik di kota, pilih Golo Hilltop, hotel mewah yang dikelola oleh keluarga Belanda-Indonesia. Pengunjung dengan anggaran minimal akan di-service dengan baik bila menginap di Bajo Sunset Hostel. Sementara alternatif hotel kelas menengah yang bagus yaitu Green Hill Boutique Hotel yang mempesona.

Hotel yang satu ini menawarkan kamar-kamar indah yang dibangun diatas lereng bukit di atas kedai kopi bergaya dan restoran yang enak. Para wisatawan yang ingin berbelanja secara royal dan hendak menghabiskan waktu di pantai maka pilihannya adalah salah satu hotel resor pulau yang mewah dan premium. Seraya Hotel & Resort adalah salah satu pilihannya dan merupakan tempat yang sempurna untuk menyelam, snorkeling, atau sebatas berleha-leha.

Kuliner di Labuan Bajo

Sebagai kota kecil, Labuan Bajo menawarkan banyak pilihan restoran yang hebat. Menawarkan menu Indonesia maupun menu internasional. Secara khusus, kota ini punya berbagai pilihan restoran Italia. Restoran-restoran itu seperti Made In Italy, yang hanya berjarak 15 menit berjalan kaki ke selatan kota. Made In Italy menawarkan banyak makanan khas Italia misalnya pizza otentik dan juga menu pasta.

Di kota, Mediterraneo pun menyediakan santapan khas Italia yang luar biasa bersama dengan seafood panggang segar. Suasana yang dihadirkan pun penuh gaya dengan beanbag warna-warni di sepanjang dek kayu. Tempat yang juga bergaya untuk minum yaitu Le Pirate yang cukup funky yang terletak di seberang Meditteraneo. Untuk panorama matahari tenggelam terbaik, wisatawan harus memilih Paradise Bar. Sebuah bar dengan sajian musik live reguler yang semarak begitu malam tiba.





Wisata Labuan Bajo atau Wisata Pulau Komodo adalah destinasi yang mempesona untuk menghabiskan waktu beberapa hari, terutama setelah perjalanan bus atau perahu yang melelahkan dari Lombok atau Sumbawa. Labuan Bajo adalah tempat di Flores yang paling pas bagi para wisatawan untuk menikmati pengalaman mendebarkan bersama hewan Komodo yang berada di alam liar.


Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Saran dan Kritik

Nama

Email *

Pesan *