BqjUHJ4RdlyfGfrxz4CNrTLTJkQdMUdaOtzrTaNW

Wisata Tenganan Karang Asem Bali


Wisata Tenganan Karang Asem Bali
Parawisata - Berjalan menyusuri desa-desa di Bali memberikan kesan tersendiri. Gapura khas Bali sepanjang jalan, penduduk desa berpakaian adat hilir mudik, benar-benar hanya bisa ditemui di perkampungan orang-orang Bali. Namun ada satu desa yang berbeda. Tetap khas Bali, tapi memiliki ciri khas yang lebih kental, baik pada arsitektur, maupun cara hidup penduduknya. Desa itu adalah Desa Tenganan.

Tenganan adalah sebuah desa di Kabupaten Karangasem, Bali. Tenganan menarik sebagai obyek wisata karena merupakan salah satu desa di Bali yang masih mempertahankan tradisinya, seperti desain rumah, berbagai upacara ritual, dan hubungan antara sesama penduduk desa. Tenganan terkenal akan musik Gamelan Selunding dan tenun ikat Geringsing dan itu banyak menarik para wisatawan asing ke Desa Tenganan.

Pemukiman di desa ini berpetak-petak lurus dari utara ke selatan dengan luas pekarangan yang sama, sebagai wujud persamaan hak pada semua penduduk. Keunikan bentuk bangunan dan pengaturan rumah penduduk yang berderet-deret ini, berujung pada sebuah pura desa tua, sangat berbeda dengan model perkampungan lainnya.


Penduduk Desa Tenganan masih hidup dengan tradisi yang sangat kuat. Aktivitas sehari-hari masyarakatnya adalah bertani dan menekuni usaha kerajinan. Salah satu mata pencaharian masyarakat Tenganan adalah membuat barang kerajinan. Hasil kerajinan mereka di pajang di rumah-rumah mereka dan terbuka bagi wisatawan yang ingin melihat, bahkan membeli langsung kerajinan tersebut. Kerajinan yang terkenal memiliki nilai seni tinggi adalah Kain Geringsing, yang digunakan saat upacara adat berlangsung.

Perang Pandan

Wisata Tenganan Karang Asem Bali
Upacara ritual yang unik di Desa Tenganan adalah ritual Geret atau perang pandan, saat para pemuda desa menggelar pertarungan damai menggunakan seikat pandan. Dua laki-laki saling mengoreskan pandan-pandan tersebut ke tubuh lawan. Ritual ini dilakukan setiap bulan kelima, saat perayaan Hari Raya Sambah.

Lokasi Desa Tenganan

Wisata Tenganan Karang Asem Bali
Desa ini relatif mudah dicapai. Berjarak sekitar 70 km dari Kota Denpasar, sangat cocok dikunjungi bila sedang berwisata ke wilayah Timur Pulau Bali. Lokasinya satu arah dengan Pantai Candidasa dan penunjuk arahnya cukup jelas untuk menyusuri jalan di Desa Tenganan.


Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Saran dan Kritik

Nama

Email *

Pesan *