BqjUHJ4RdlyfGfrxz4CNrTLTJkQdMUdaOtzrTaNW

Wisata Religi Mengunjungi Masid Agung Sidoarjo


Wisata Religi Mengunjungi Masid Agung Sidoarjo
Parawisata - Masjid Agung Sidoarjo adalah masjid terbesar yang ada di Kota Sidoarjo dan menjadikannya tempat wisata religi yang harus dikunjungi untuk pemeluk agama islam di Sidoarjo dan sekitarnya. Masjid Agung Sidoarjo termasuk ke dalam daftar aneka tempat wisata di Sidoarjo.

Sidoarjo terkenal dengan semboyan “Sidoarjo Bersih Hatinya”. Mungkin karena banyaknya pemeluk agama islam di Sidoarjo dan banyaknya bangunan masjid di Sidoarjo.


Masjid Agung Sidoarjo adalah salah satu Masjid terbesar di kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Terletak di jalan Sultan Agung , di depan  gerbang alun alun Sidoarjo , di sebelah gedung pemerintahan daerah Sidoarjo dan kantor polisi Sidoarjo. Masjid ini, mempunyai tiga lantai dan juga beberapa pilar besar serta lantai megah yang terbuat dari marmer. Karena letaknya berada di tengah kota, maka masjid agung sangat mudah ditemukan karena lokasinya yang sangat strategis.

Masjid Agung Sidoarjo Jawa Timur

Memulai perjalanan liburan dari kabupaten Sidoarjo maka anda bisa menikmati wisata teligi ke Masjid Agung Sidoarjo yang berlokasi di pusat Sidoarjo. Masjid Agung Sidoarjo merupakan masjid kebanggaan masyarakat dari Kabupaten Sidoarjo karena memiliki nilai sejarah yang tinggi sekali dan terlalu ram dikunjungi oleh masyarakat setiap harinya. Masjid Agung Sidoarjo terdiri dari tiga lantai yang mana memiliki fungsinya masing - masing untuk melayani seluruh jamaah yang dating beribadah selain itu kamu juga dapat melihat langsung bagaimana desain bangunan dari Masjid Agung Sidoarjo yang tampak begitu menarik sekali dan membuat kita kagum melihatnya.

Masjid Agung Kota Sidoarjo

Inilah Sedikit sejarah Masjid Agung Sidoarjo “Masjid merupakan sarana peribadatan kaum muslim, di setiap kota di indonesia hampir ada masjid Jami’ atau Masjid agung, Di kota Sidoarjo disisi barat Alun alun Sidoarjo berdiri dengan megahnya Masjid Agung Sidoarjo, tahukah masjid ini mulai dibangun tahun berapa? Ada Prasasti dari bahan batu marmer yang terpajang di sebuah tugu sebelum di renovasi , terletak di halaman masjid dalam aksara arab dan aksara jawa ini menyebutkan bahwa : “Pembangunan Mesjid Agung Sidoarjo di mulai pada Jumat Kliwon tanggal 26 Suro 1313 Hijriyah atau sekitar 1825 tahun Jawa atau tepatnya 19 Juli 1895. Yang mempunyai inisiatif membangunnya adalah R. Adipati Pandji Tjondronegoro, yang merupakan Bupati Sidoarjo pada tahun 1882 -1906 Masehi” R. Adipati Pandji Tjondronegoro merupakan nama yang dipakai di saat menjadi Bupati Sidoarjo, nama kecilnya adalah R. Pandji Tjondrowinoto, konon beliau adalah keturunan leluhur yang dimakamkan di Boto putih. Dan sekarang beliau wafat dimakam di belakang masjid tersebut sebagai penghormatan terhadap jasa beliau dalam menggagas berdirinya masjid Agung Sidoarjo, orang sekitar sering menyebut makam pendem.

Cukup lama ya awal dibangunannya masjid Agung Sidoarjo, dan sudah mengalami beberapa kali pemugaran sampai menjadi megah seperti sekarang.

Tertarik untuk mengunjungi objek wisata religi masjid agung sidoarjo?

Alamat lokasi masjid agung sidoarjo terletak di Lokasi : Sebelah barat alun-alun sidoarjo, Jalan Sultan Agung, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia.

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Saran dan Kritik

Nama

Email *

Pesan *