BqjUHJ4RdlyfGfrxz4CNrTLTJkQdMUdaOtzrTaNW

Objek Wisata Pulau dan Pantai di Aceh Yang Keren dan Eksotis


Objek Wisata Pulau dan Pantai di Aceh Yang Keren dan Eksotis
Parawisata - Aceh memiliki hamparan gugusan kepulauan, diantaranya Pulau Sabang, Pulau Rondo, Pulau Simeuleu, Pulau Penasi dan Pulau Beureuh. Sebagaimana yang di informasikan oleh Kementrian Dalam Negeri republic Indonesia Tahun 2004, yang terdapat dalam buku statistic Indonesia 2013, Provinsi Aceh  tercatat memiliki 663 pulau dengan luas yang bervariasi. Salah satu pulau cukup terkenal adalah Pulau Sabang. Sebagai pulau paling barat di wiliyah Republik Indonesia, sekaligus tempat di mana terdapat Tugu 0 Kilometer Indonesia yang berada di Kota Sabang.

Sebagai daerah perbatasan langsung dengan wilayah perairan, Provinsi Aceh kaya akan bentukan perairan laut, seperti selat, teluk, dan tanjung. Selat yang melalui perairan laut di Provinsi Aceh, yaitu Selat Bengala, Selat Lampuyang dan Selat Malaka.



Provinsi Aceh juga dihiasi dengan teluk-teluk yang indah, seperti Teluk Dalam, Teluk Lassihing, Teluk Sabang, Teluk Sanaton, Teluk Sibigo dan Teluk Siriabang. Adapaun tanjung yang terdapat di provinsi ini antara lain Tanjung Bau, Tanjung Dewa, Tanjung Peureulak, Tanjung Pidie, Tanjung Raja, Tanjung Sumben, Tanjung Seudheueun, Tanjung Tamiang, Tanjung Tuba dan Tanjung Uluajan.


Adapun beberapa pulau di Aceh yang memiliki garis pantai yang cukup indah dan eksotis. Memiliki kekayaan alam wisata yang cukup banyak. Berikut adalah objek wisata pulau di Aceh yang bisa dikunjungi untuk berwisata.

1.       Pulau Weh

Pulau Weh dan sering disebut “We” merupakan pulau vulkanik kecil yang terdapat pada bagian barat laut Pulau Sumatra. Posisinya berada di pulau bagian paling barat di kepulauan Indonesia. Terletak di jalan pintu masuk Selat Malaka. Pulau Weh ini sebelumnya terhubung langsung dengan Pulau Sumatra, lalu terpisah akibat letusan gunung berapi yang terjadi pada zaman Pleistosen.



Di laut pulau ini terkenal dengan keanekaragaman hayati, di sini kamu bisa menemuka hiu bermulut besar. Tidak hanya itu, pulau ini juga memiliki satu-satunya habitat katak yang statusnya terancam dan hamper punah yaitu Bufo Valhallae (genus Bufo).

Objek Wisata Pulau dan Pantai di Aceh Yang Keren dan Eksotis
Di tempat ini juga terdapat wisata Air terjun Pria Laot, yang airnya sangat panas dan merupakan sumber air panas Kenekai, yang di mana air panasnya bersumber dari gunung  belerang dan di yakini masyarakat setempat bisa menyembuhkan penyakit kulit.

Di Pulau Weh bisa juga melakukan kegiatan seperti menyelam. Penyelam berengalaman dan instruktur menyelam siap meawarkan berbagai lokai penyalaman.

2.       Pantai Iboih dan Pulau Rubiah

Pantai Iboih dan Pulau Rubiah di seberangnya terletak di tepi barat Pulau Weh. Tepatnya, di Kelurahan Iboih, Kecamatan Sukakarya, Sabang, Provinsi Aceh. Jika di ibaratkan tapal kuda berbentuk “U”, Iboih berada di bagian dalam lengkungan sisi kiri. Di sepanjang pesisir pantai Iboih, formasi batuan yang tersusun sedemikian rupa memberi pengalaman pertualangan ringan namun tak terlupakan.

Objek Wisata Pulau dan Pantai di Aceh Yang Keren dan Eksotis
Pantai Iboih memberikan kehidupan yang sangat sederhana dengan cakrawala berupa desa nelayan. Menyelam merupakan salah satu kegiatan yang paling digemari di pulau ini. Banyak penyelam handal yang dengan senang hati menjelajahi alam bawah laut di salah satu bagian paling menarik Pulau ini.

Diseberang Pantai Iboih terdapat Pulau Rubiah yang telah ditetapkan pemerintah sebagai daerah special nature reserve. Pulau dengan luas daratannya 0.357 km2 tersebut meski tidak berpenghuni, tetapi banyak dikunjungi para wisatawan yang ingin memancing di sekitar pulau ini karena ada banyak ikan batu karang seperti ikan kerapu dan cumi-cumi besar.

Walaupun merupakan pulau kecil, namun tetap memberikan kita pengalaman bahari yang mengagumkan. Taman Laut di Pulau Rubiah juga memiliki ratusan jenis ikan hias langka dan terumbu karang yang unik seperti giantic clams, angel fish, school of parrot fish, lion fish dan sea fans. Hewan laut yang menyenangkan yang juga dapat di temukan di sini antara lain pari manta, hiu, paus, lumba-lumba dan penyu.
Objek Wisata Pulau dan Pantai di Aceh Yang Keren dan Eksotis

3.       Pantai Gapang

Objek wisata Pantai Gapang berjarak 4 km dari Kota Sabang. Daerah yang mempunyai pasir putih dan panorama yang indah ini juga cocok bagi peminat olah raga menyelam dan snorkelling. Pantai ini disebut “Gapang” terpaut dengan tumbuhnya beberapa pohon-pohon yang berdiri di dekat tepian pantai yang bersih, dan pohon itu adalah pohon gapang.

Saat memasuki Pantai Gapang, kita akan langsung ditemukan pada sebuah gapura selamat datang. Saat melangkah ke dalam pantai ini, kita akan langsung merasakan ketenangan hati dengan pemandangan hijau asri pepohonan gapang yang tumbuh subur di antara batu karang besar yang menjulang di sekitar bebukitan.

Objek Wisata Pulau dan Pantai di Aceh Yang Keren dan Eksotis
Turun kebawah lagi, akan berpapasan dengan pantai nan elok. Karang-karang hitam terpacak-pacak di pinggiran tak goyah dihantam ombak. Buih putih dari pecahan ombak menghiasi batu karang. Di depan mata laut biru kehijau-hijauan terhampar luas. Suara pecahan ombak dan embusan angin laut, membuat kita merasa tenang.

Selanjutnya, sekitar 30 meter ke arah timur Kawasan Pantai Gapang, hamparan pasir putih terbentang melengkung hingga ke kaki bukit, berpadu laut biru tapi tampak ada kehijau-hijauan yang merupakan pantulan terumbu karang di dasar laut, ini memang menjadi tempat yang cocok untuk wisata pantai di Aceh.

4.       Pantai Sumur Tiga

Lokasi nan menawan hati di pesisir timur Plau Weh ini adalah salah satu objek yang patut dikunjungi. Pantai ini dinamakan Sumur Tiga karena memiliki tiga sumur air tawar yang terletak di di sekitar pantainya.

Pantai Sumur Tiga mempunyai karakteristik yang berlainan dengan Pantai Iboih maupun Pantai Gapang. Pasir yang berada di Pantai Sumur Tiga ini lebih putih berkilau seperti kristal dan juga lembut, meskipun airnya agak sedikit berombak.

Objek Wisata Pulau dan Pantai di Aceh Yang Keren dan Eksotis
Pemandangan pantainya menampakkan laut biru di padu dengan angin sepoi-sepoi yang meniup nyiur di pinggir pantai. Pantai jernih dengan air laut berwarna bitu kehijauan, kontras dengan gradasi laut berwarna biru muda menuju biru tua. Pemandangan yang sangat menenangkan jiwa.



Di sini  terhampar sekitar 2 mil pantai berpasir putih yang cocok bagi pecinta pantai. Jangan kaget, kadang dari sini terlihat lumba-lumba dan pastinya aktivitas nelayan saat menangkap ikan dengan bentuk perahu yang berbeda dari kebanyakan perahu di Nusantara.


Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Saran dan Kritik

Nama

Email *

Pesan *